Pengertian Program dan Bahasa Pemrograman

Pengertian Program dan Bahasa Pemrograman – Pada postingan yang kedua ini saya akan mencoba membahas tentang hal-hal dasar yang perlu atau harus diketahui oleh seseorang yang ingin belajar lebih dalam tentang pemrogaraman.

Pengertian Program dan Bahasa Pemrograman

Pembahasan yang pertama yakni apa sih itu program? dan pembahsan yang kedua apa sih bahasa pemrograman? Apa berbedaan diantara keduanya, dan apa definisi dari keduanya?  Untuk menjawab pertanyaan tersebut simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Program

Program adalah kumpulan interuksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar dapat melakukan suatu tindakan tertentu. Tanpa adanya program, komputer bukanlah apa-apa. Hal ini dikarenakan sebuah komputer tidak lepas dari 3 aspek penting, yakni perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) berupa sebuah program, dan perangkat akal (brainware).

Pengertian Bahasa Pemrograman

Jika dalam kehidupan sehari-hari kita sudah sering mendengar berbagai macam bahasa baik bahasa lokal seperti bahasa bugis, jawa, dan madura maupun bahasa asing seperti bahasa inggris, dan bahasa arab.

Bahasa pemrograman tidak jauh berbeda dengan bahasa manusia pada umumnya. Letak perbedaannya hanya terdapat pada kaedah penulisannya saja yakni berupa interuksi-interuksi dalam bahasa manusia yang dapat dianalogikan dengan suatu program. 

Kesimpulannya manusia dapat mengerjakan suatu perintah berdasarkan kalimat-kalimat dan komputer dapat menjalankan perintah atau interuksi menurut program.

Pada umumnya bahasa pemrograman sendiri bermacam-macam seperti C++, Java, Pascal, PHP dan masih banyak yang lainnya dan kesemuanya hampir sama, perbedaanya hanya terletak pada kaidah penulisanna saja.

Berlangganan artikel via email!

Follow us!

10 komentar:

Catatan:
Untuk menyisipkan video, gunakan tag <i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA...</strong>

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!"

Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (out of topic) dengan menekan tombol OOT di bawah ini.

Konversi Kode di Sini!OOT

 

Koleksi Ceramah Islam MP3


  Bloggers.com

Space Iklan

200x160